Seputar Service Pack

|

Beberapa waktu yang lalu ada seseorang yang bertanya padaku apakah Windows XP dengan service pack 3 lebih baik dari pada Windows XP dengan service pack 2. Suatu pertanyaan yang agak aneh menurutku, apalagi bila pertanyaan tersebut dilontarkan oleh seseorang yang bergelut di bidang IT dan mengaku menguasai banyak bidang dalam dunia IT (katanya sich gitu) :p Tujuan mendasar dari dikeluarkannya suatu service pack adalah untuk melakukan perbaikan-perbaikan dari permasalahan-permasalahan yang memang muncul di versi sebelumnya. Kalau memang seseorang mau concern perihal keamanan sistem menurutku memang sudah seharusnya untuk tetap menjaga sistem yang dimilikinya dengan melakukan update rutin baik update pada anti virus (anti virus engine dan virus definition database) maupun pada sistem operasi. Memang kalau dilihat tidak banyak orang yang concern perihal update pada sistem operasi. Bahkan tidak jarang juga orang yang memang bergelut di bidang IT yang juga mengabaikan hal ini. Kebanyakan orang rata-rata hanya berfokus pada melakukan update rutin anti virus dengan harapan sistem yang mereka gunakan tetap aman dan terbebas dari serangan virus. Tetapi sebenarnya melakukan update rutin terhadap sistem operasi pun semestinya mendapat perhatian khusus. Karena toh kalau mau dilihat suatu anti virus sekali pun akan berjalan di atas suatu sistem operasi. Dalam hal ini, Microsoft Windows sebagai salah satu sistem operasi yang selalu menduduki peringkat pertama dalam daftar target penyeragan pun secara rutin mengeluarkan security update yang bisa kita pantau terus secara automatic dengan fitur automatic update yang sudah disertakan dalam setiap sistem operasi Windows keluaran Microsoft.
Just keep your sistem up to date :)

7 comments:

Gabriela said...

apakah orang itu berinisial "D"?
hahaha...becanda.
soal yang anti virus gue setuju banget! udah jelas2 ada virus tapi anti virusnya gak bisa ngedetect!
jadinya virusnya dihapus manual aja. apa anti virus sekarang udah kalah banget yach ma virus? T_T

Boedy said...

He3.. aku memang gak mau spesifik mengarah ke orang tertentu kok :p
Kalau mau silakan tebak sendri :D

Untuk anti virus, aku recomend sich avast. Yang free edition juga udah cukup bagus. Lakukan update setidaknya 3 kali dalam 1 minggu. Kalau paling bagus sich update tiap hari :) Ada koneksi internet khan?

Gabriela said...

cuma kepikiran yang berinisial "D". ^^V

ada sich.tapi windows nya masih yang "gratis" hahaha....kalo auto update ntar malah dimatiin lagi windows nya. hehehe....

hendra said...

Denger2 XP dah ngeluarin windows defender yah?
Cukup bagus gx yah itu?
Klo di SO vista businnes mah windows 7(beta) yg dari MSDN sie menurut saya dah lumayan tuh windows defender nya...
@_@

Boedy said...

Yup, Microsoft sekarang ini sudag merilis Windows Defender. Fungsi utamanya sich untuk mengatasi serangan Spyware, Addware, dan beberapa Maliciousware. Tetapi kalau aku lebih milih install yang third party. Ada Spybot yang kalau menurutku labih baik. Gratis pula :)

Fransiskus Hendra said...

owh...third party nya pake apa pak?
emg klo untuk mengatasi masalah *.ware sih enakan lebih percaya software third party drpd system security bawaan dari windows XP.
pak mau nanya nie, klo lab IT ada yg nyediain instaler linux gx pak???
T_T

Boedy said...

Saya kurang tahu. Tapi bisa ditanyakan ke staff lab atau ke Pak Vishnu selaku kepala lab bagian teknis.