Belajar Mengikat Dasi

|

Salah satu hal paling menyebalkan ketika menduduki jabatan struktural adalah keharusan untuk mengenakan pakaian berdasi dan jas. He3.. aku bukan tipe orang yang cukup nyaman mengenakan setelan semacam itu. Penggunaan jas dan dasi di daerah beriklim tropis merupakan hal yang sangat tidak kontekstual menurutku. Dan yang paling membuat aku risih adalah ketika harus mengenakan dasi. Aneh rasanya kalau aku melihat seseorang yang nampak bangga ketika mengenakan dasi. Padahal belum tentu orang tersebut memahami fungsionalitas atau nilai manfaat dari dasi yang dikenakannya. Ha3.. konyol banget :p Tapi ya mau gimana lagi, sudah keharusan bagiku untuk mengenakan setelan semacam ini pada saat2 khusus. Dan karena itu pula akhirnya aku memiliki sebuah jas. Baru kali ini dalam hidupku aku memiliki jas. He3.. biasanya modal minjem :p Untuk dasi sudah aku beli. Sebuah dasi berwarna merah. Nah sekarang tinggal mempelajari cara mengikat dasi. Untuk ini aku langsung aja googling mencari langkah2 mengikat dasi dan untuk lebih membantu diriku dalam mempelajari tahapan mengikat dasi, aku pun mencoba mencari beberapa video di U-Tube seputar langkah2 mengikat dasi :) Benar2 sangat membantu :) Google dapat dipastikan selalu membantuku dalam setiap kebingungan dan kesulitan yang aku alami :) Ternyata cara mengikat dasi itu ada bermacam gaya. Dari beberapa gaya yang ada, akhirnya aku memilih untuk mendalami salah satu gaya, yaitu Pratt Knot atau yang kadang dikenal juga dengan istilah Shelby Knot. Gaya ini termasuk gaya yang sederhana danmudah dipelajari serta menghasilkan hasil akhir yang dapat dipastikan rapi :) 
Berikut ini aku sertakan tahapannya:

Step 1
Start with the necktie inside out, with the wide end ("W") on the right, extending about 12 inches below the narrow end ("N") on the left.









Step 2
Then cross the wide end under the narrow end.










Step 3
Take the wide end over and under the narrow end.










Step 4
Pull t
he loop down and tighten.









Step 5
Then, take the wide end over to the right.










Step 6
Pull the wide end up, behind the loop.










Step 7
And finally, bring the wide end through the knot and tighten gently.

1 comments:

Furede Riko said...

Padahal ga usah pusing... aku atau Timo juga kan bisa ngajarin secara live dan with no charge wkwkwkwk