Menggunakan Bake Console

|

Untuk mempermudah dan mempercepat kerja kita dalam membangun sebuah web application, Cake PHP menyediakan sebuah CLI - Command Lie Interface - yang dikenal dengan nama Bake Console.
Untuk dapat menggunakan bake console, kita harus menampahkan directory path dari php dan cake console ke dalam environment variable dari sistem operasi yang kita gunakan. Misalkan saja dalam kasus ini saya mengunakan sistwm operasi Windows dan juga XAMPP sebagai bundled application server, maka saya akan menambahkan dua buah parameter berikut ini ke dalam variable path dari environment variable pada sistem operasi Windows yang saya gunakan.

C:\xampp\php;
C:\xampp\htdocs\cake\cake\console;

Setelah kedua pasth tersebut ditambahkan dalam environment variable, maka kita sudh dapat menggunakan bake console yang disediakan oleh Cake PHP. Mari kita segera mencobanya :)

Misalkan saja kali ini kita akan membuat project baru dengan nama percobaan, maka yang harus kita lakukan adalah membuka command prompt dan masuk ke root directory dari web server kita. Dalam hal ini saya menggunakan XAMPP sebagai bundled application server, dan root directory dari web server yang saya gunakan berada di C:\xampp\htdocs\
Pada directory tersebut kita dapat mengetikkan perintah berikut ini:

cake bake percobaan

Setelah perintah tersebut kita ketikkan, maka kita akan dimintai informasi berkenaan dengan parameter-parameter yang dibutuhkan seperti host dari database server kita, nama database yang akan digunakan, dan beberapa parameter dasar lainnya.

setelah semua parameter dimasukkan, maka Cake PHP akan membuatkan bagi kita sebuah directory baru (berserta semua file-file dasar yang dibutuhkan) dalam root directory dari web server yang kita gunakan. Dengan bake console kita juga dapat membuat controller dan model tanpa harus berinteraksi sama sekali dengan source code. Untuk membuat model pada project percobaan, kita terlebih dahulu harus masuk ke dalam directory percobaan melalui command prompt (C:\xampp\htdocs\percobaan\). Selanjutnya ketikkan perintah berikut ini:

cake bake model

Lalu masukkan setiap parameter yang dibutuhkan. Sedangkan untuk membuat controller, kita dapat mengetikkan perintah berikut ini:

cake bake controller

Sangat mudah sekali ya :) Selamat mencoba. Oh ya agar kita tidak dipusingkan dengan view, maka ada baiknya untuk sementara ini kita menggunakan scaffolding dahulu. Dengan menggunakan scaffolding, maka Cake PHP akan membuatkan default view sederhana untuk kita. Yang perlu diperhatikan di sini adalah tetaplah untuk mengikuti setiap konvensi yang ditetapkan oleh Cake PHP :) Sesuai moto yang diboyong oleh Cake, yaitu "Convention over Configuration"

0 comments: