Metode mengajar yang baru

|

Rabu, 1-11-06 (8:26)

Wahhh dah lama juga gak nulis blog.
Saat ini aku sedang berada di kelas praktikum pemrograman dasar.
Hari ini aku mulai menerapkan cara mengajar baru.
Mulai hari ini di setiap kelas yang aku ajar aku akan memutar musik instrument.
Hari ini aku mainkan instumentnya Kenny G dengan iPod ku :)
Kebetulan di setiap kelas sudah tersedia audio system.
He3... sayang juga khan kalo gak dimanfaatkan.
Aku tinggal beli converter jack audio dari jack kecil ke jack besar dan musik pun bisa mengalun di kelas.
Suasana kelas jadi berbeda lhoo :)
Setiap praktikum aku juga mengadakan semacam test kecil atau quiz.
Quiz model baru ini aku buat dalam bentuk kelompok.
Setiap kali siswa masuk kelas praktikum, mereka akan aku bagi dalam kelompok secara acak.
Dan mereka diberitugas untuk menyelesaikan sejumlah soal dalam waktu sekitar 1 jam 30 menit.
Menarik sekali, dengan metode seperti ini seorang mahasiswa yang tadinya pasif bisa mulai aktif dalam mengemukakan pemikirannya dalam kelompok kecil tersebut.
Aku benar2 ingin memulai suasana diskusi bagi setiap siswaku.
Oh ya, mereka juga aku bebaskan untuk berdiskusi di luar kelas.
Jadi bila mereka memang jenuh di dalam kelas, mereka bisa diskusi di luar kelas.
Tapi hari ini rupanya semua kelompok berdiskusi di dalam kelas.
He3... mungkin karena suasana kelas yang memang sudah berbeda, sekarang khan aku putar musik instrument di kelas :)
Aku jadi makin yakin kok kalau pada dasarnya manusia itu cenderung aktif.
Hanya saja sering kali seorang dosen lupa untuk memberikan kesempatan bagi siswanya untuk aktif di kelas.
Di kelas praktikum kali ini aku benar2 tidak banyak bicara.
Aku hanya memberi pengarahan singkat pada mereka, dan mereka sudah bisa bergerak sendiri.
Benar2 luar biasa :)
Intinya adalah memberikan kepercayaan pada mereka bahwa mereka dapat belajar mandiri selama pengajar bisa mengarahkan dengan tepat :)

0 comments: