UML - Unified Modelling Language

|

Di awal semester ini aku akan mulai mengajar beberapa judul matakuliah dan salah satunya adalah matakuliah pemodelan berorientasi objek. Materi utama yang disuguhkan dalam matakuliah ini adalah penggunaan UML (Unified Modelling Language) dalam medesain suatu perangkat lunak. Saat ini aku mulai membuka-buka lagi buku-buku yang berkaitan dengan materi ini. Topik UML merupakan topik yang cukup menarik bagiku, hanya saja aku memiliki kendala dalam hal perspektif. Dari sekian buku yang kubaca, masing-masing memiliki perspektif yang seringkali berbeda mengenai penggunaan suatu simbol dalam diagram-diagram pada UML. Oleh karena itu aku harus memilih salah satu buku referensi yang akan aku jadikan acuan dalam mengajar. Selain itu aku juga akan mencoba memperkenalkan UML Modelling Tools seperti Poseidon dan Umbrello kepada mahasiswaku. Diharapkan ke depannya mereka akan menggunakan tools ini ketika memodelkan suatu sistem dengan pendekatan UML. Karena dengan tools semacam ini diagram UML yang dihasilkan benar-benar dapat dipastikan menggunakan simbol-simbol yang memang sudah menjadi standar UML selain itu dengan menggunakan tools juga memudahkan mereka ketika ingin mengeksport diagram tersebut menjadi kode-kode program.

2 comments:

Anonymous said...

Terangin dong apa itu UML dan dimana saya bisa dapat bahasan mengenai UML dalam bahasa indonesia. Kalo bisa kirim ke e-mail nduy_megabahari@yahoo.com

Boedy said...

UML ini bahasa pemodelan untuk memodelkan suatu sistem agar bisa dipahami dengan lebih mudah. Ini banyak digunakan dalam mendesain suatu sistem sehingga setiap developer yang terlibat bis amemiliki kesamaan persepsi mengenai sistem yang akan meeka bangun bersama.
Plss kontak saya aja di setia.budi@eng.maranatha.edu :)