Instalasi SAP Server

|

Hari ini aku terpaksa harus masuk kantor, padahal tanggalan berwarna merah.
Ada kerjaan yang harus dituntaskan, instalasi SAP Server.
Ternyata gak selancar yang kubayangkan. Kendala pertama yang aku hadapi hari ini adalah SAP Solution Manager Key. Ternyata setiap hostname yang berbeda akan memiliki SolManKey yang berbeda juga. Dari tadi pagi aku udah coba call master-master dari Edugate tapi gak diangkat-angkat. Udah coba call rekan dosen yang pernah punya pengalaman dengan Modul Basis juga gak diangkat0angkat :((
Baru setelah agak siangan ada respon. Mulai dech bertiup angin segar :)
Akhirnya aku mendapatkan SolManKey yang kubutuhkan :) Thanks a lot yach Bang Oskar :)
Ternyata masalahnya gak berhenti sampe di situ. Dulu waktu aku training aku belajar instalasi SAP pada model Single Tier, sedangkan yang sekarang harus aku setup adalah yang model Three Tier. He3.. secara konsep sich gampang-gampang aja, tapi begitu implementasi. Weleh3... mulai muncul dech yang aneh2.
Aplication Server nya udah 100% successfull :) tapi Database Instance nya dari tadi masalah terus :( Sampe-sampe aku harus buat directory manual pada directory /usr
Gak tau juga apakah ini prosedur yang benar atau salah, tapi setelah aku create directory manual sich bisa mulai jalan proses instalasinya.
Proses instalasi Database Instance adalah proses yang paling memakan waktu lama dan harus ditingal seharian. Duh.. moga-moga aja gak error.
Besok pagi aku ke lab lagi dech untuk memastikan dan melakukan beberapa post instalation configuration.
Semoga semuanya bisa berjalan dengan lancar

2 comments:

awephotohunter said...

Pak Boedy apakah Bp. Oskar yang anda sebut adalah trainer dari harfan.co.id Beliau adalah admin SAP (Basis) bukan? Thanks..

Boedy said...

Yup benar sekali Bang Oskar dari harfan.co.id :)