Citta Suddhi Pranayama

|

Citta Suddhi Pranayama merupakan suatu latihan pernapasan yang sejauh informasi yang aku baca bisa membantu meningkatkan vitalitas praktisinya. Teknik pernapsan ini juga bisa membantu dalam menetralisir energi negatif dalam tataran mental.
Tekniknya cukup mudah, pertama-tama fokuskan perhatian pada titik di antara kedua mata. Posisi duduk di kursi dengan tegak tanpa menyandar. Postur badan tegak tapi tetap rileks. Kedua kaki menapak langsung ke lantai tanpa mengenakan alas kaki. Posisi kaki sejajar dan tidak saling menyilang. Letakkan telapak tangan pada paha dengan posisi telungkup. Lalu coba untuk menarik napas dalam-dalam selama 10 hitungan. Setelah itu tahan napas pada bagian perut (perut mengembung) sampai 10 hitungan. Dan selanjutnya hembuskan napas perlahan-lahan sampai habis 10 hitungan (perut mengempis). Ulangi teknik pernapasan ini selama 15 menit.
Menurut info yang kubaca, teknik ini akan sangat efektif ketika dilakukan dua kali dalam sehari, yaitu setiap pagi dan sore / malam selama 90 hari tanpa terputus. Bila terputus maka harus mengulangi dari awal lagi.
Setelah lewat 90 hari, teknik ini dapat dilakukan hanya sekali dalam sehari.
Menurutku sich gak ada salahnya juga untuk dicoba, lagi pula teknik ini tidak cukup mudah untuk dipraktekan.
Selamat mencoba :)

1 comments:

wongsoputra said...

sebuah latihan yang dahsayat. Ada baiknya dicoba. Ya to?