Learn Key Interactive CD

|

Selama dua hari terakhir ini aku lagi asik belajar dengan CD interaktif berbasis multimedia yang diproduksi oleh LearnKey. Memang asik kok bila belajar sambil mendengarkan dan memperhatikan penjelasan yang diberikan dalam bentuk CD interaktif ini. Kalau ada yang kurang jelas tinggal diputar ulang saja :) Sayangnya CD interaltif ini belum bisa running di Ubuntu :( Dalam CD interaktif ini juga disertakan beberapa soal-soal latihan berkaitan dengan materi yang diajarkan. Jadi setelah belajar, aku bisa langsung mereview pemahamanku terhadap materi pembelajaran yang baru saja aku dapatkan.
Sebenarnya sejak tahun lalu aku sudah mempersiapkan projek yang hampir mirip, yaitu mengemas materi perkuliahan dalam bentuk video tutorial. Beruntunglah karena ada Cam Studio, free software yang bisa membantu untuk mewujudkan ini.
Setiap akhir semester aku memberikan tugas kepada mahasiswaku untuk membuat video tutorial seputar materi pembelajaran yang aku ajarkan ke mereka selama 1 semester. He3.. tugas semacam ini juga diharapkan bisa memaksa mahasiswaku untuk mereview dan mempelajari kembali setiap materi yang pernah aku ajarkan di kelas :) Hasilnya lumayan juga. Dari beberapa matakuliah setidaknya aku menemukan sebuah video tutorial yang sangat baik seputar pemrograman web dasar mulai dari HTML, CSS, XML, dan Java Script. Dengan ini setidaknya akan banyak membantu mahasiswa kelas pemrograman web ku di semester mendatang dalam mempelajari materi pemrograman web dasar :) Setidaknya semester mendatang aku sudah memiliki content e-learning untuk kelas pemrograman web.
Untuk semester ini aku sudah menugaskan tugas serupa untuk kelas pemrograman dasar java dan juga untuk kelas pemodelan berorientasi objek. Aku banyak berharap akan menemukan setidaknya sebuah CD tutorial dengan kualitas yang baik yang nantinya memang bisa digunakan sebagai content e-learning.

0 comments: