Kesan Pertamaku pada Ubuntu 7.10

|

Ubuntu 7.10 direlease pada bulan november 2007 dengan code name Gusty Gibon. Ada beberapa hal menarik yang kutemui setelah melakukan instalasi Gusty pada notebook ku, beberapa di antaranya adalah:
+ WinE (WIndows Emolator) yang disertakan sudah makin canggih, aku bisa menjalankan WinBox untuk melakukan konfigurasi MikroTik dari Ubuntu. Mulai sekarang aku tidak perlu lagi pindah ke Windows ketika akan melakukan konfigurasi MikroTIk via WinBox :)
+ WiFi internalku yang berchipset Broadcom sudah bisa dikenali dan dijalankan tanpa harus melakukan konfigurasi via ndiswrapper ataupun fwcutter. Ndiswrapper secara otomatis sudah disertakan dan diaktifkan sewaktu proses instalasi :)
+ Memory Card Reader internalku juga sudah bisa dikenali dan digunakan dengan baik tanpa harus melakukan konfigurasi lagi :) Senangnya..sekarang aku juga tidak perlu switch ke Windows lagi hanya untuk membaca SD Card ku :)
+ Nah yang satu ini baru aku sadari belakangan, ternyata Ubuntu Gusty sudah bisa menulisi storage media dengan format NTFS. Luar biasa :) Dulu aku memang sempat melakukan instalasi packet yang memungkinkan untuk menulisi (tidak hanya membaca) file di storage media dengan format file sistem NTFS tapi masih agak kurang stabil. Tapi sekarang teryata ini sudah disertakan secara otomatis :)

Hanya saja pada Ubuntu GUsty ini aku masih menemui adanya beberapa kekurangan.
- Desktop Effect dengan Compiz Fusion masih belum bisa diaktifkan di notebookku :( Sedihnya, padahal kalau ini bisa aktif, animasi yang berjalan pada Ubuntu bisa jadi lebih cantik dibanding animasi pada Windows Vista
- Ada masalah sewaktu booting, walcome logon sewaktu booting tidak keluar dan selalu aja hang sewaktu booting di mana aku harus swicth ke terminal dengan menekan tombol alt + F1. Dan kasus ini hanya ditemui di notebook ku dan tidak pada PC Desktop atau pun notebook teman-teman yang lain. Uuuu sebel juga, rasanya jadi pengen instal ulang lagi.

4 comments:

sehat tan said...

Mas Boedi, kalo bole tanya instal Gutsy via Live CD yang dikirim dari LN? Atau update reponya? Trims..

boedybios said...

Saya install via CD yang saya download dari kambing.vlsm.org
Di sana juga trsedia repo yang bisa didownload.
Total untuk GUsty ada 5 DVD Repo

next time plz contact me by email: setia.budi@eng.maranatha.edu
Karena memang aku jarang buka comment di blog ku

Anonymous said...

bos, pake winbox versi brapa? aq jalanin winbox v2.2.13 di gutsy ga mau tuh.hik hik hiks..pake wine v0.9.46 kan?

boedybios said...

AKu pake winbox versi 2.9.40
wine-0.9.46

berhasil kok :)