Vihara Vipassana

|

Hari minggu ini aku, Timo, dan beberapa staff lab mengadakan acara refreshing kecil-kecilan. He3.. padahal ini masi masa Ujian Tengah Semester :D Salah satu tempat pertama yang kami kunjungi adalah sebuah vihara di lembang yang bernama Vihara Vipassana. Di antara kami yang berangkat tidak semuanya beradama Buddha, hanya satu orang di antara kami yang beragama Buddha. Tapi gak ada salahnya juga mempelajari dan belajar menghargai agama lain :)

Di awal kami memasuki area vihara, ada beberapa rambu yang cukup unik. Di antaranya adalah rambu yang berisi larangan mengenakan pakaian tanpa lengan (khususnya bagi yang wanita). Larangan tersebut dibuat dalam bentuk rambu semacam rambu lalu lintas jadi terkesan unik :)
Bangunan di vihara ini cukup menarik. Cukup kental dengan nuansa Thailand.
Dan seperti layaknya vihara-vihara yang lain, di vihara ini juga terdapat beberapa Rupang / Patung Buddha.



Ada semacam ritual menarik di vihara ini yaitu memasukkan sejumlah koin logam ke dalam wadah (semacam baskom kecil terbuat dari logam). Terdapat 108 baskom di sekeliling vihara. Uang logamnya sudah disediakan dalam sebuah cangkir plastik. Kita tinggal ambil salah satu cangkir lalu mulai berkeliling memasukkan 1 koin logam ke tiap baskom. Jumlah koin logam tersebut bisa lebih bisa kurang. Nah tinggal dihitung saja kelebihan dan kekurangannya lalu ambil kertas yang berisi petuah dengan nomor sesuai dengan jumlah kelebihan atau kekurangan koinnya :) Unik khan

Di sekitar vihara juga terdapat sebuah patung unik berbentuk dua ekor gajah putih yang sedang mengangkat sebuah roda. Roda ini dinamakan Roda Dharma. Roda Dharma ini memiliki delapan buah jari-jari yang kalo gak salah melambangkan jalan beruas delapan yang diajarkan oleh Buddha Sakyamuni.

0 comments: