Komik Buddha jilid 7

|

Komik Buddha sudah beredar hingga jilid 7 sekarang :) 1 jilid lagi tamat. Aku koleksi semuanya. Isinya sangat menarik sekali, menceritakan kehidupan Buddha Sakyamuni secara sederhana dan mudah dicerna karena memang dihadirkan dalam bentuk komik.
Dalam jilid 7 ini ada hal menarik. Di sini dikisahkan seorang penjahat yang memiliki kesaktian bernama Ananda. Sebenarnya tokoh Ananda mulai muncul pada jilid 6. Ananda memiliki kesaktian karena dibantu oleh makhluk gaib. Makhluk ini memiliki misi khusus bagi Ananda yaitu membunuh Buddha Sakyamuni. Ananda sendiri memiliki kebecian yang sangat dalam terhadap kaum brahmana / samana dan telah membantai sekitar 250 brahmana. Perjumpaan Ananda dengan BUddha Sakyamuni membawa perubahan yang sangat luar biasa dalam kehidupan Ananda. Dari seorang yang awalnya memiliki misi untuk membunuh Sang Buddha sampai akhirnya berbalik menjadi seorang murid Buddha yang sangat setia. Ananda bahkan tercatat sebagai murid yang mendampingi Sang Buddha ketika menjelang wafat. Dan Ananda juga yang akhirnya menjadi tokoh penting dalam penyebaran ajaran Buddha pasca wafatnya Sang Buddha.
Ada istilah yang mengatakan "from zero to hero" tetapi ungkapan yang lebih tepat untuk Ananda adalah "from minus to hero"

Namaste,
Boedy

0 comments: