Belajar dan Mengajar Jaringan Komputer

|

Mempelajari jaringan komputer merupakan sesuatu yang sangat menarik bagiku.
Bener2 gak menyangka, dulu sewaktu kuliah aku sama sekali tidak memahami apa itu jaringan komputer, apalagi kalau sudah berbicara tentang router dan konfigurasinya. Maklum saja dulu waktu aku kuliah memang tidak diajarkan konsep dasar jaringan yang cukup baik. Baru setelah lulus aku mulai mengambil kelas cisco network academy proggrame. Nah dari sinilah mulai terbuka wawasanku mengenai jaringan komputer. Dari sini aku mulai memahami apa itu routing, apa itu subneting, apa itu NAT dan beberapa konsep dasar lainnya.
Dan kesemuanya itu sangat menarik bagiku.
Sekarang setelah aku menjadi dosen, aku pun mengajar matakuliah jarinagn komputer. Aku senang sekali membawakan materi ini karena setidaknya aku sudah membantu sekian banyak orang untuk memahami jaringan komputer tanpa harus melewati proses yang panjang seperti yang dulu kulewati. Dengan mengajar, konsep yang aku miliki pun makin dimatangkan. Aku benar2 menikmatinya :)

0 comments: