H+1 BaLiGa

|

Wahhhhh senangnya, akhirnya Bandung Linuxers Gathering bisa berlangsung juga :)
Acaranya kalo aku nilai sich udah cukup bagus untuk acara perdana.
Kendala dalam acara ini adalah masalah cuaca. Maklum saja, akhir2 ini kota Bandung memang sering diguyur hujan.
Gara2 hujan yang lebat, pelaksanaan acara ini jadi terpaksa mundur sekitar 45 menit karena para pembicaranya terjebak hujan.
Untunglah kendala seperti ini tidak mengurangi antusiasme dari Linuxers Bandung untuk tetap menunggu kedatangan dari para pembicara. Sambil mengisi waktu, kami membuka dengan sesi sharing pengalaman migrasi ke GNU/Linux sebagai sistem operasi. Kebetulan ada seorang Linuxers Bandung bernama Pak Wirjawan yang mensharingkan pengalaman menganai migrasi yang dilakukan di kantornya. Wahhh menarik sekali.
Sebenarnya susunan acara dalam BaLiGa perdana ini tidak bisa berjalan sesuai dengan yang direncanakan. Topik yang seharusnya diberikan di sesi akhir mau tidak meu harus disajikan di awal.
Padahal topik tersebut seharusnya ditujukan untuk linuxers yang sudah cukup expert.
Alhasil beberapa linuxers pemula jadi cenderung takut. Maklum saja konfigurasi yang didemokan semuanya berbasis text dan terminal console :p
He3.... seharunsnya materi yang disajikan pertama adalah materi yang ringan2 dulu agar para newbie gak ketakutan.
Ya sudahlah, maklum saja karena pembicara untuk topik pertama masih terjebak hujan lebat.
Selain itu karena waktu pelaksanaan yang harus mundur, maka mau tidak mau maka ada satu sesi yang harus dihilangkan. Padahal itu adalah sesi demo remastering Knoppix yang akan dibawakan oleh rekan2 KLuB Linux Bandung. Sayang sekali yach.
Tapi ternyata minat belajar dari Linuxers mmg luar biasa, terbukti setelah acara dinyatakan selesai, para Linuxers ini tidak langsung meninggalkan ruangan tapi malah melanjutkan sesi diskusi dengan para pembicaranya dan dengan beberapa rekan Linuxers lainnya :)
Padahal acaranya sendiri molor sekitar 1,5 jam dari waktu yang semula direncanakan :p
Wahh3.... benar2 semangat belajar yang tinggi :)
Berharap agar BaLiGa dapat terus berlangsung dengan semakin baik dan dapat terus berkembang serta memberi warna dalam pergerakan GNU/Linux dan open source di Indonesia :)

1 comments:

Anonymous said...

You have an outstanding good and well structured site. I enjoyed browsing through it
» »