Go To Pontianak

Ini adalah pengalaman pertamaku ke Pontianak dan juga pengalaman pertama ku menuju pulau Kalimantan. Aku berangkat dari Bandung tepat pukul 1:00 pagi menuju bandara Soekarno Hatta Jakarta. Weleh perjalanannya cepet banget. Jakarta memang nyaman di waktu dini hari, jalanan sepi, gak macet dan gak bikin stress :) Sopirnya juga rada pembalap. Dari Bandung menuju bandara Soekarno Hatta hanya butuh waktu 2 jam kurang. Gara2 tiba di bandara terlalu awal, akhirnya jadi harus menunggu lumayan lama. Pesawat dijadwalkan berangkat pukul 6:00 dan aku sudah tiba di bandara pukul 3:00 :p Jam 4:30 mulai menimbang barang bawaan untuk dimasukkan ke bagasi. Pesawat tinggal landas dari bandara sekitar pukul 6:30. Weleh ini adalah bagian yang aku benci. He3.. aku takut ketinggian :p Dan bagian ketika pesawat tinggal landas merupakan bagian yang menyeramkan bagiku :( Tetapi pesawat kali ini tidak terlalu terasa sewaktu tingal landas. TIdak seperti pesawat-pesawat yang sebelumnya pernah kunaiki. Untunglah :) Bagian menyeramkan lainnya adalah ketika pesawat akan mendarat. Weleh, cuaca nampaknya sedang kurang bersahabat. Awannya tebal sekali. Beberapa pesawat mencoba untuk mendarat tetapi gak jadi. He3.. kayaknya pilotnya juga binggung gimana caranya mendarat dengan kondisi ketebalan awan seperti ini. Weleh mulai lagi dech aksi deg2annya :( Setelah beberapa kali mencoba upaya pendaratan, akhirnya mendarat juga. Awalnya aku lumayan terkejut, kukira pesawat akab mendarat darurat karena kiri kanan kulihat sawah. Weleh ternyata memang demikian kondisi bandara Supadio Pontianak, banyak pohonnya :) Perjalanan udara dari Jakarta menuju Pontianak memakan waktu sekitar 1 jam 20 menit.
Sampai di bandara Supadio aku agak terkejut karena banyak sekali etnis chinese yang menggunakan bahasa tio ciu, he3.. ini kondisi yang kurang lazim ditemui di pulau Jawa. Unik juga. Dari bandara aku langsung menuju hotel. Wahh ternyata hotelnya penuhhh.. harus cari hotel lain. Akhirnya dipilihlah hotel Gajah Mada yang berlokasi di jalan Gajah Mada. Tadi menurut informasi dari sopir taxi ada kerusuhan yang terjadi dalam 3 hari terakhir ini di daerah gajah mada. Ada pertikaian antara etnis melayu dengan chinese. Weleh serem juga, apalagi aku bakal tinggal di daerah situ.
Sampai di hotel awalnya aku mau langsung istirahat dan melanjutkan tidurku yang terganggu. Tapi perut ini rupanya tak bisa diajak kompromi. Sudah mulai berteriak minta diisi. Langsung saja aku menjelah daerah sekitar hotel untuk mencari makanan. Wah ternyata ada banyak tempat makan. Aku memilih untuk mencoba nasi ayam ahiong :) Yuummyy...mirip sekali dengan nasi hainam :) Setelah perut terisi baru aku kembali menuju hotel dan berendam di air panas. Nyaman sekali :)
Setelah mandi aku mencoba untuk beristirahat dan tidur. Aku hanya bisa tidur satu jam setengah. Setelah itu aku mulai bosan berada di kamar hotel dan memutuskan untuk menjelajah daerah baru ini :) Pontianak sedang musim hujan. Dan hujannya pun cukup deras. Jadi sedikit mengganggu penjelajahanku. Yang jelas Pontianak banyak pohon. He3.. sesuatu yang agak jarang kutemui di kota2 di pulau Jawa :)