Penghuni Baru Kamarku

|

Sejak awal tahun ini ada penghuni baru di kamarku :) Setelah seekor kura-kura bernama Riby dan beberapa ekor ikan yang lucu-lucu, kini di kamarku kedatangan warga baru yaitu 4 ekor hamster yang imut-imut :) Hamster ini aku beli dari seorang pecinta hamster. Kalau aku beli dari PetShop harganya pasti lebih mahal. Hamster yang kupelihara ini berjenis Roborovsky White Face. Ini tergolong dalam jenis hamster yang mungil dan aktif sekali.
Sebagai langkah awal dalam memelihara hamster, aku mempersiapkan sebuah aquarium sebagai kandang. Menggunakan aquaium sebagai kandang tentunya lebih murah dibanding membeli kandang hamster. Selain itu membersihkan aquarium juga lebih mudah. Hanya saja untuk melengkapi kandang tersebut aku harus membeli beberapa item tambahan seperti roda untuk berlari dan sebuah tempat minum model pipet. Untuk rumah hamster, aku juga mengambil solusi murah meriah. Aku menggunakan tempat sendok/garpu meja yang bisa dibeli dengan murah di toko perabot plastik :) Aku mencari yang ada separatornya, sehingga seolah-olah ada 4-5 kavling rumah bertingkat :D Just use your creativity :)
Yang perlu diperhatikan dalam memelihara hamster adalah kondisi kandang harus selalu bersih dan kering. Yup harus selalu kering. Oleh karena itu gunakan selalu serutan kayu sebagai alas kandang. Serutan kayu ini sangat bermanfaat untuk menyerap kecing hamster sehingga kandang tetap kering dan tidak bau. Serutan kayu ini harus selalu diganti setidaknya 1 minggu 1 kali.
Untuk makanannya, aku biasa menggunakan biji-bijian seperti kacang tanah, kacang hijau, jagung kering, dan sesekali aku beri kuaci bunga matahari yang bisa aku beli di petshop :)
Hamster-hamsterku paling doyan kalau makan kacang hijau :) Lahap sekali mereka makan.
Oh ya hamster bukan hewan yang suka dengan kondisi lembab, apalagi basah, oleh karena itu jangan sekali-kali memandikan hamster karena akibatnya bisa fatal dan berakhir dengan kematian. Hamster membersihkan dirinya seperti kucing. Mereka menggunakan pasir. Kita dapat dengan mudah memperoleh pasir halus kering di petshop. Sediakan saja sebuah tuppleware kecil untuk menampung pasir tersebut di dalam kandang hamster, maka mereka akan mengguling-gulingkan tubuhnya di atas pasir tersebut. Hasilnya, voila!!! bulu-bulu hamster menjadi bersih dan mengembang kembali :)
Akhir kata aku ucapkan selamat memelihara hamster :) Hewan ini lucu dan tidak membutuhkan effort yang terlalu besar untuk memeliharanya. Cukup bersihkan kandang minimal 1 minggu 1 kali dan memberi makanan setiap hari :)

8 comments:

Furede Riko said...

Aku ada buku tentang Rodentia (kelinci, marmot, hamster) Boed...
Kalo mau baca pinjem aja! Hehehe
Kalo mau beli, di Gramed ada juga... "Buku Pintar Memelihara Kelinci & Rodentia", dari Flona Serial. Coba deh cari Boed!!!

ajeng sekar tanjung said...

lucu pak...bangeeetttt...
besok-besok melihara angora yah pak..
biar nanti kalo punya anak bisa saia minta.. =p

Boedy said...

Trims Fred untuk infonya. Nanti aku cari dech bukunya :)

Gabriela said...

aaaaah! ko, lucuuuuuuu....
kapan2 mau donk liat. haha...

saya dulu juga pernah peliharaan hamster, tapi wafat begitu aja.... gara2nya gak sengaja dikasih makan timun bekas kena sambel!

setelah itu, saya baru tahu kalo hamster itu makanannya harus bener2 dijaga. T____T sediiih....

Boedy said...

Hamster sebaiknya tidak diberi makanan basah. Hamsterku paling doyan makan kacang hijau, kedelai, jagung kering, dan kuaci :)
Kandang juga harus dibersihkan setidaknya 1 minggu 1 kali.

Gabriela said...

dulu waktu pertama kali pelihara hamster malah disuruh banyak2 dikasih bonteng.soalnya hamster jarang minum air. jadinya dapet airnya dari bonteng! wah, aku tertipu....

pengen punya pet lagi, tapi trauma. waktu si momo (hamster gue) mati, sediiih banget.
btw, hamsternya punya nama gak, ko?

Boedy said...

Cari info seputar hamster paling baik lewat forum2. Untuk kebutuhan minum, sediakan saja botol minuman untuk hamster. Bisa dibeli di petshop kok. Penggunaan botol tersebut sangat efektif untuk menjaga kondisi kandang tetap kering. Oh ya satu lagi, kalau mau beli hamster juga jangan di petshop, mahal. Cari hamster paling murah ya di forum :) Kalau mau aku ada nomor nya. Yang jualan mahasiswa maranatha juga kok :)

Gabriela said...

oh yach??boleh nich...pny niat pelihara lagi, cuma rada2 takut.... takut mati lagi.hiks....
gue coba pikirin dulu, kalo udah siap gue minta no nya yach, ko. harus tau lebih banyak dulu soal hamster. thanx bgt buat infonya, ko. baru tau ada botol minum bt hamster. hahahaha.....