Implementasi konsep encapsulation

|

Encapsulation merupakan salah satu konsep yang sangat penting dalam pemrograman berorientasi obyek.
Konsep dasarnya sangat sederhana, yaitu memproteksi setiap atribut dari suatu class. Dalam hal ini atribut dari suatu class tidak boleh diakses secara langsung dari luar class. Maka tidak mengherankan bila setiap atribut lalu diberi visibility private. Lalu bagaimana bila suatu saat nilai dari atribut tersebut ingin diakses ataupun ingin diubah? Jawabannya sederhana saja, dengan menggunakan accessor dan mutator. Untuk melakukan akses terhadap nilai dari suatu atribut kita dapat menggunakan accessor, sedangkan untuk menlakukan pengubahan terhadap nilai dari suatu atribut kita dapat menggunakan mutator. Untuk lebih jelasnya dapat melihat contoh sederhana berikut ini.

//class dengan nama Kemeja
class Kemeja {
//atribut warna bertipe data String
private String warna;
//mutator untuk atribut warna
public void setWarna(String warna) {
this.warna = warna; //penggunaan kata kunci this
}
//accessor untuk atribut warna
public String getWarna() {
return warna;
}
}

Accessor secara konvensi akan selalu diawali dengan kata get dan diikuti dengan nama atribut yang akan diakses. Oleh karenanya accessor seringkali dikenal dengan nama getter.
Sedangkan mutator secara konvensi akan selalu diawali dengan kata set dan diikuti dengan nama atribut yang akan diubah nilainya. Oleh karenanya mutator seringkali dikenal dengan nama setter.
Pada setter seringkali juga digunakan kata kunci this. Penggunaan kata kunci this pada setter ini dibutuhkan ketika ada kesamaan antara nama parameter yang digunakan dengan nama atribut yang akan diubah nilainya. Kata kunci this digunakan untuk membedakan antara nama atribut dengan nama parameter.
Lalu apa konsekuensi dari penerapan encapsulation ini? Konsekuensinya sederhana saja. Misalkan kita akan membuat suatu objek dari class Kemeja.

Kemeja kemejaku = new Kemeja();

Maka ketika kita ingin memberi nilai "hijau" pada atribut kemejaku, kita tidak bisa melakukan hal semacam ini

kemejaku.warna = "biru";

Mengapa? Karena visibility dari atribut warna adalah private sehingga atribut tersebut tidak dapat diakses dari luar class. Yang dapat kita lakukan adalah dengan menggunakan setter seperti berikut ini

kemejaku.setWarna("biru");

Dan bila kita ingin mencetak nilai atrubut warna, kita dapat melakukannya dengan cara

System.out.println(kemejaku.getWarna());

Sederhana sekali khan penerapan dari konsep encapsulation ini?
Bagi Anda yang baru memulai mempelajari konsep pemrograman berorientasi objek teruslah semangat mempelajarinya karena Anda akan banyak sekali menemui konsep-konsep menarik di dalamnya :)

0 comments: