Retooling CISCO Curiculum

|

Selama dua hari yang lalu (jumat dan sabtu), aku menghadiri Retooling CISCO Curiculum yang baru di Unversitas Islam Negri Syarif Hidayatulah Ciputat-Jakarta. CISCO menghadirkan kurikulum baru yang unik di mana kurikulum pada versi 4 ini akan dibagi dalam dua kategori. Yang pertama adalah DISCOVERY dan yang kedua adalah EXPLORATION. Discovery merupakan kurikulum yang diperuntukan bagi siswa yang sama sekali belum memiliki latar belakang pengetahuan mengenai jaringan komputer tetapi sudah familiar dengan penggunaan PC untuk keperluan keseharian mereka. Kurikulum Discovery disusun dengan menekankan aspek praktikal. Sedangkan pada kurikulum Exploration, aspek konseptual mengenai teknologi jaringan lebih ditekankan daripada aspek praktikalnya. Tetapi ini bukan berarti mengabaikan aspek praktikal. Target siswa pengguna kurikulum ini adalah mahasiswa perguruan tinggi yang telah memiliki latar belakang pengetahuan dasar mengenai jaringan komputer dan diharapkan juga memiliki daya analisis yang baik.
Benar-benar pembagian kurikulum yang sangat menarik. Dengan kurikulum baru ini diharapkan setiap orang dapat mempelajari teknologi jaringan komputer dengan lebih mudah karena memang disesuaikan dengan latar belakang pengetahuannya.
Dalam kurikulum baru ini, CISCO juga menghadirkan konsep e-learning yang jauh lebih menarik dan inovatif dari kurikulum sebelumnya. Ada banyak animasi dan ilustrasi menarik dalam menunjang dan mempermudah proses pembelajaran.
CISCO juga menghadirkan aplikasi simulator dengan nama Packet Tracer. Ini adalah aplikasi simulator yang sangat menarik dan sangat membantu siswa dalam mempelajari konfigurasi perangkat CISCO baik itu perangkat Router maupun Switch. CISCO sendiri berkomitmen untuk terus mengembangkan Packet Tracer karena memang banyak sekali siswa yang terbantu dengan keberadaan aplikasi simulator ini.
Wahhhh belajar jaringan komputer sekarang ini menjadi jauh lebih mudah dan menyenangkan :)

2 comments:

tim said...

we
lungo lungo wae...
spj durung mudun kie :p
tombok terus...
kerjo kok nombok terus yo ;p walah ;p

Boedy said...

He3.. ya gitu dech...
Memang urusan duit terkadang rumit :p