Meditasi Konsentrasi

|

Akhir2 ini akusedang melatih meditasi konsentrasi. Latihan meditasi ini aku peroleh dari membaca sebuah buku berjudulThe One Who is Not Busy. Sebuah buku ZEN. Di dalam buku ini salah satu point utama yang coba diangkat adalah, suatu kesibukan dan kesulitan dalam menangai pekerjaan yang menumpuk pada dasarnya disebabkan karena ketidak mampuan seseorang dalam melakukan fokus. Intinya adalah memfokuskan diri pada suatu tugas yang sedang dihadapi. Memang masuk akal juga sich, misalkan saja ketika aku sedang mengkoreksi ujian mahasiswa. Sesekali dan tidak jarang juga aku memikirkan atau bahkan mengerjakan hal-hal lain yang padahal kalau ditinjau bukan merupakan hal yang bersifat mendesak.
Latihan meditasi konsentrasi ini diharapkan bisa membantu seseorang dalam melakukan fokus. Latihannya terkesan simple tetapi begitu dicoba untuk dilatih ternyata cukup sulit juga.
Pertama-tama pejamkan mata dan lakukan posisi meditasi umum. Duduk di atas kursi ataupun duduk bersila dengan punggung tegak. Selanjutnya melakukan pernapasan secara teratur. Setiap kali menarik dan menghembuskan napas, lakukan perhitungan. Satu hitungan mencakup satu tarikan napas dan satu hembusan napas. Jadi polanya lebih kurang seperti ini, tarik "satu", hembus "satu", tarik "dua", hemus "dua", dan seterusnya. Lakukan latihan ini selama sepuluh hitungan. Sekilas memang nampak sangatlah mudah tetapi setiap kali aku memfokuskan diri pada napas dan hitungan, tidak jarang pikiran ini mengembara ke mana-mana. Dan setiap kali aku tersadar, aku harus menarik kembali pikiran ku pada fokus pernapasan dan hitungan. Aku juga harus kembali memulai hitungan dari awal lagi. Latihan yang menarik :)
Bagi para pembaca yang penasaran, silakan mencobanyanya :)

2 comments:

timotius said...

Hehehe...
Mbah, sudah jangan banyak meditasi.
Ntar digoda sama peri-peri cantik lho :p

Zeroquatro said...

hahaha jangan terpengaruh dengan yang di katakan orang lain, yakin dan percayalah pada diri anda sendiri. thank's