SAP Instalation Documentation

|

He3... lemburan lagi dech aku hari ini...
Saat ini aku sedang melakukan instalasi SAP HE&R Server. Sebuah versi khusus dari SAP Server yang memang diperuntukkan bagi dunia akademik. Benar2 merupakan sistem ERP yang memang sudah dirancang sedemikian rupa untuk dapat diimplementasikan di dunia pendidikan.
Kelemahan utama dari sistem ini adalah dalam hal dokumentasi. Gggrrr... selama proses instalasi aja aku sempat naik darah beberapa kali lantaran harus berkali-kali menghadaoi oesan error yang diakibatkan kekeliruan dalam salam satu langkah dalam proses instalasinya. Ya mau gimana lagi, dokumentasi langkah-langkah instalasinya saja tidak ada. Sudah aku coba berkali-kali melakukan googling, tetapi tetap saja tidak kudapati dokumentasi instalasi yang cukup jelas dan detail. Bahkan sewaktu aku melakukan pencarian di situs sap.com aku malah diarahkan ke salam satu course training yang mereka selenggarakan. Ha3... kelamaan dan kemahalan rasanya kalau setiap kali ingin bisa melakukan instalasi harus mengikuti training terlebih dahulu :p
Ya tetapai syukurlah, setelah melakukan beberapa kali percobaan dan dibantu oleh masukkan dari beberapa pihak akhirnya aku pun berhasil juga melakukan proses instalasi server SAP HE&R ini. Hooorreee...... :)
Nah karena aku sendiri pernah merasakan sulitnya mencari dokumentasi berkenaan dengan proses instalasi ini, maka malam ini aku memulai mendokumentasikan langkah-langkahnya. Dan untuk lebih real+detail, maka aku putuskan untuk mendokumentasinyannya dalam bentuk video :) Jadi bila ada di antara pengunjung blog ini yang membutuhkan video tutorial seputar proses instalasi SAP HE&R silakan aja kontak saya di boedy.bios@gmail.com

0 comments: