Tips Berlibur ke Singapore

|

Bagi Anda yang memiliki rencana untuk berlibur ke Singapore, berikut ini saya ada beberapa tips untuk Anda:

1. Gunakan Jalur Laut
Bila niat Anda memang untuk berlibur, saya sarankan untuk menggunakan jalur laut dari Batam. Karena selama di Batam Anda juga bisa mengunjungi beberapa tempat wisata menarik di Batam seperti KTM Resort, Balerang, Kampung Vietnam, Pulau Bintan, Vihara Sungai Panas, Pantai Nongsa, dan juga mencoba beberapa sea food lezat :) Selain itu dengan menggunakan jalur laut Anda bisa berhemat biaya fiskal karena biaya fiskal lewat jalur laut memang lebih murah dibanding jalur udara. Oh ya jangan lupa juga untuk menukarkan mata uang Rupiah ke mata uang Singapore Dollar. Di Batam banyak sekali kios-kios Money Changer jadi Anda dapat dipastikan tidak akan mengalami kesulitan untuk menukarkan uang Anda :)

2. Jangan Gunakan Tour Agent
Sebaiknya Anda tidak menggunakan tour agent karena memang wilayah Singapore sangat mudah untuk dieksplorasi. Singapore memiliki sarana transportasi publik yang sangat baik, jadi tak perlu khawatir untuk masalah transportasi. Penanda jalan dan peta di Singapore juga sangat mudah untuk dipelajari. Tetapi bagi Anda yang masih belum berani untuk jalan tanpa tour guide, Anda bisa menggunakan jasa tour yang ada di Batam. Di Batam banya tersedia jasa tour dengan harga yang sangat bersaing.

3. Bawa Persediaan Air Minum, Payung, dan BackPack
Saya sangat menyarankan Anda untuk membawa persediaan air minum yang bisa Anda beli di Batam karena harga air minum di Singapore relatif lebih mahal. Bawalah setidaknya 4 liter air karena selama di Singapore Anda akan banyak jalan :) Saya juga menyerankan Anda membawa payung. He3.. jangan sampai gerimis dan teriknya matahari menghalangi niat Anda untuk mengeksplorasi tempat-tempat menarik di Singapore. Agar Anda dapat tetap merasa nyaman selama berjalan-jalan di Singapore, sebagiknya Anda membawa backpack atau tas punggung. Tas ini bisa Anda gunakan untuk menampung air minum, payung, dan juga beberapa barang menarik yang mungkin Anda beli selama berkunjung ke tempat-tempat tertentu.

4. Cari Peta di Harbour Front
Begitu Anda sampai di pelabuhan Singapore (Harbour Front) ambillah semua info seputar tourism di Singapore. Di sana juga Anda akan menemukan peta Singapore. Simpan dan pelajarilah peta ini baik-baik. Kalau bisa sebaiknya Anda mengambil setidaknya dua buah peta sebagai cadangan kalau-kalau peta yang Anda pegang hilang atau rusak. Peta Singapore sangat mudah dipelajari. Di dalam peta tersebut juga ada informasi mengenai tempat-tempat menarik apa saja yang bisa dikunjungi untuk berwisata.

5. Gunakan MRT - Mass Rapid Transport dan Bus
Selama di Singapore saya sangat menyarankan Anda untuk menggunakan MRT (sub way) dan juga bus. Jangan takut, Anda gak akan tersesat kok karena info jalur MRT dan jalur bus nya sangat detail dan mudah untuk dipahami. Info jalur MRT juga bisa didapat dari peta Singapore. Ketika Anda menggunakan MRT dan bus, Anda pasti akan terkagum-kagum karena kebersihan, ketertiban, keamanan, dan juga ketepatan waktunya. Benar-benar nyaman dan aman :) Untuk menggunakan MRT, Anda bisa membeli tiket MRT melalui MRT Ticketing Machine. Penggunaan mesin ini pun sangat mudah, Anda tinggal tentukan stasiun tujuan Anda lalu Anda akan diminta untuk memasukkan sejumlah uang dan bila jumlahnya benar maka mesin akan mengeluarkan tiket. Bila uang yang Anda masukkan berlebih makan mesin juga akan mengeluarkan uang kembaliannya. Tiket MRT yang digunakan menerapkan pasive RFID Module. Pokoknya benar-benar canggih dech :) Di Singapore ada 3 jalur MRT, yaitu NE (North East) dengan penanda jalur berwarna ungu, NS (Nort South) dengan penanda jalur perwarna merah, dan EW (East West) dengan penanda jalur berwarna hijau. Selama di Singapore, bagi Anda yang berstatus sebagai wisatawan akan banyak menggunakan jalur NE dan NS untuk mengunjungi tempat-tempat wisata menarik :)

6. Cari Apartemen untuk Tempat Bermalam
Selama di Singapore saya sarankan jangan menginap di Hotel karena biayanya lumayan mahal. Lagi pula selama di Singapore Anda akan banyak jalan. Setidaknya selama jam 9 pagi sampai jam 10 malam Anda akan berada di jalanan :) Saya sarankan Anda untuk menyewa kamar di salah satu apartemen. Mudah kok, Anda tinggal menuju ke Chinatown saja. Di sana ada beberapa apartemen besar. Saya sarankan untuk bermalam di People's Park. Di sana langsung saja menuju ke lantai 23 s.d. 25 dan mulailah bertanya ke masing-masing pemilik apartemen apakah Anda bisa menyewa salah satu kamar mereka. Di People's Park banyak kok yang menyewakan kamarnya untuk turis :) Dan tentunya biaya yang Anda keluarkan akan jauh lebih sedikit. Lumayan khan setidaknya kelebihan biaya tersebut bisa Anda alokasikan untuk membeli oleh-oleh :)

7. Tempat-Tempat Menarik
Berikut ini beberpa tempat menarik yang bisa Anda kunjungi selama di Singapore

Orchard Road
Orchard Road adalah jalan yang dipenuhi dengan mall dan beberapa atraksi jalan. Jalannya lumayan panjang. Sepanjang jalan Anda bisa menemui banyak sekali ornamen-ornamen menarik untuk berfoto :)

Botanical Garden
Bagi Anda pecinta tanaman atau bagi Anda yang menyukai kehijauan pasti akan sangat menikmati keindahan Botanical Garden. Di sini Anda bisa menemui berbagai macam jenis tanaman. Salah satu tanaman yang menjadi unggulan di sini adalah Anggrek. Di Botanical Garden ini banyak sekali dilakukan penelitian dan juga perkawinan silang untuk menghasilkan varian anggrek yang baru. Areal Botanical Garden sendiri lumayan luas, tapi Anda tidak perlu khawatir karena di Botanical Garden Anda bisa mendapati beberapa titik untuk duduk-duduk dan juga untuk minum. Di sini air minum disediakan gratis :) Anda juga bisa merefill botol minuman Anda :)

Marlion
He3.. kayaknya ini adalah tempat yang wajib Anda kunjungi ketika berkunjung ke Singapore. Marlion adalah patung singa air lambang negara Singapore. Marlion terletak di daerah City Hall. Setidaknya Anda harus berfoto di sini untuk menandakan Anda pernah mengunjungi Singapore :)

Esplanade
Esplane adalah galeri seni yang berlokasi di daerah City Hall. Lokasinya berdekatan dengan Marlion. Di sini Anda bisa melihat beberapa pameran seni dan terkadang juga ada beberapa pertunjukkan gratis :)

Sentosa Island
Sentosa adalah sebuah pulau yang memang dikhususkan oleh pemerintah Singapore untuk wisata. Untuk menyebrang ke Sentosa Island Anda bisa menggunakan Monorel Sentosa Express. Stasiunnya terletak di Vivo City Harbour Front. Di Sentosa ada beberapa atraksi yang bisa Anda ikuti, ada Image of Singapore, Fort Siloso, Carlsberg Tower, Song of The Sea, Luge, SkyRider, dan beberapa aktifitas lainnya.

Sri Mariaman Temple
Ini adalah kuil Hindu yang terletak di daerah Chinatown. Anda juga boleh memasuki kuil ini dan mengambil beberapa foto di dalamnya. Hanya saja yang perlu diingat di sini adalah ketika memasuki kuil ini Anda harus menanggalkan alas kaki Anda.

Bugis Junction
Di sini Anda bisa mendapati banyak pertokoan dan di antaranya menjual sovenir. Hiasan-hiasan penghias jalannya juga bagus. Ada permainan air mancur yang cukup unik di sini :)

Singapore River
Singapore River adalah sungai yang lokasinya di daerah City Hall. Anda juga bisa menyewa boat untu kmenelusuri sungai ini. Waktu yang dibutuhkan untuk menelusuri sungai ini lebih kurang sekitar 30 menit. Selama menelusuri sungai Anda bisa menikmati keindahan Singapore dan memfoto pemandangan Singapore dari tepi sungai. Perjalanan kapal ini juga akan melewati Marlion. Sambil menikmati perjalan kapal Anda juga akan diberi penjelasan oleh guide berkenaan dengan sungai ini dan sekilas mengenai sejarah beberapa jembatan yang melintas di sungai ini.

Untuk beberapa foto perjalanan saya selama di Singapore bisa Anda akses di http://friendster.com/boedybios
Ini hanya sebagian kecil dari tempat-tempat menrik yang bisa Anda kunjungi selama berlibur di Singapore. Selamat berpetualang :)

Note:
Berikut terlampir link referensi hotel di Singapore:
http://www.agoda.web.id/asia/singapore/singapore.html

12 comments:

Anonymous said...

Hallo Mas Boedy...thanks banget ya informasi-nya kebetulan saya dibulan maret nanti ada rencana mengunjungi Singapore. Yang ingin saya tanyakan, Berapa rate Apartement yang anda sewa dulu? tolong dijawab ya...thanks

Boedy said...

Kalau tidak sedang peak season (musim liburan), biaya penginapannya relatif murah kok. Sekitar 150-350an ribu permalam bila dirupiahkan.

OkSanD said...

brur budi :D

hari minggu saya rencana ke singapur, mungkin berangkat dari btm center atau kalo dari lucky ke pelabuhan mana yg terdekat y?

sesampainya kita di harbour front, saya punya waktu sampe jam 4 sore,dari batam mungkin jam 8 pagi. selama 8 jam, apa yg brur budi rekomendasikan utk wisata di spore?

thanks berat!!!

Boedy said...

Coba main ke Sentosa Island aja :)
Karena memang waktunya singkat

infogue said...

Artikel di blog ini bagus dan berguna bagi para pembaca. Agar lebih populer, Anda bisa mempromosikan artikel Anda di infoGue.com yang akan berguna bagi semua pembaca di seluruh Indonesia. Telah tersediaa plugin / widget kirim artikel & vote yang ter-integrasi dengan instalasi mudah & singkat. Salam Blogger!
http://www.infogue.com
http://www.infogue.com/perjalanan/tips_berlibur_ke_singapore/

Anonymous said...

Hallo mas Boedy...salam kenal
Saya, suami beserta 2 anak (9th & 1,5th) ada rencana berlibur ke Singapore mungkin bln april. Kira2 budget yg aman hrs dibawa brp yaa???(dlm rp.)dan brp hari kl yg dikunjungi sesuai tulisan mas Boedy??
Trims yaaa

Boedy said...

Untuk budget dengan kondii sepasang suami istri dengan 2 anak saya sarankan setidaknya 5-7 jt dengan asumsi 3 hari di singapore. Untuk makan cobalah untuk berhemat. Carilah makanan dengan kisaran harga 3-5 SGD. Sayang khan bila uang hanya terbelanjakan untuk makanan? Gunakan dana yang tersedia untuk mengunjungi lokasi2 menarik.
Kalau membawa anak, saya sarankan vivo city (daerah pelabuhan). Di sana ada tempat main air sederhana. Anak2 pasti suka :)
Ajaklah juga anak2 ke Sentosa Island. Ada banyak objek menarik yang bisa dikunjungi di sana.
Untuk melepas letih dan mencoba mengenal beragam tanaman, sempatkan juga ke Botanical Garden. Seperti Kebun Raya Bogor, tetapi jauh lebih terawat dan memang digunakan juga sebagai tempat riset seputar tanaman/botani.
Selamat berlibur ya.
Oh ya kalau mau bisa gunakan Air Asia karena saya dengar sedang promosi untuk perjalanan dari Indonesia ke Singapore

me said...

Hi Mas Boedy ! Thank buat sharing infonya disini ya .. kebetulan bulan Juni/Juli mendatang saya berencana ke Singapore, ingin merasakan hebohnya Great Singapore Sale 2009. Dan dengan adanya tips-tips dari Mas Boedy, sekarang saya mempunyai panduan "berbahasa indonesia" yang dapat diandalkan selama di Singapore nanti !! :) Thanksss

Boedy said...

Siip :) selamat menjelajah ya :)
Ada banyak hal yang bisa kita pelajari kok di negri tetangga kita itu, terutama sekali budaya tertibnya itu.

As-bud said...

Hmm.. Singapore memang negara yang unik dan seru buat dikunjungi!
Banyak event menarik yang sayang banget buat dilewatin di bulan mei ini ..
Gw tadi baru baca kalo Mei dan Juni ini ada event yang namanya Singapore Arts Festival 2009 (http://www.singaporeartsfest.com) Kayaknya acaranya bagus deh .. pengen dateng !!

Hana said...

Mas Boedy, wah seneng banget baca tips2 nya, berguna banget tuh...
tapi di Singapura selain liburan dan shopping kan makanan2nya juga enak2 banget tuh...mungkin bisa ditambahin kaya tempat yang recommended buat chicken rice, laksa, dan chilli crab. Itung2 wisata kuliner gitu...thanks mas boedy mungkin bisa bantu.

Anonymous said...

halo mas boed... makasih byk infotmasinya. kalo boleh, bisa lyat rincian keuangan ke singapore g??
tlng kirimin ke emailku y mas:
undergroundlova@yahoo.com