Password Awareness

|

Overview
Sebagai manusia yang hidup di era teknologi informasi, penggunaan password tentunya sudah menjadi bagian dari aktifitas keseharian. Password atau kata sandi banyak digunakan untuk melakukan suatu proses yang dikenal dengan istilah authentication atau autentikasi, yaitu sebuah proses untuk memastikan bahwa seseorang yang akan melakukan akses masuk adalah benar-benar orang yang memang sudah terdaftar dalam daftar valid user dari sistem yang bersangkutan. Penggunaan password di sini dapat membatasi siapa saja yang boleh memasuki suatu sistem dan mengakses resource tertentu. Oleh karenanya password memiliki peranan yang sangat vital dalam segi keamanan dari suatu sistem. Sayangnya masih ada beberapa orang (dan jumlahnya lumayan banyak) yang masih belum menyadari hal ini dan cenderung menyepelekan aspek kekuatan dari password itu sendiri. Ada juga orang-orang yang mulai menyadari peranan penting dari password hanya saja belum mengetahui bagaimana memilih password yang baik. Tulisan ini mencoba membantu Anda dalam meningkatkan kekuatan dari password yang Anda gunakan.

Panduan Sederhana dalam Memilih Password
Berikut ini adalah beberapa panduan sederhana yang dapat membantu Anda dalam memilih password yang memiliki tingkat kekuatan yang baik:
1.Pilihlah password yang mudah Anda ingat tetapi cukup sulit untuk ditebak oleh orang lain selain Anda. Dalam hal ini Anda bisa memilih kata ataupun frase yang sifatnya pribadi dan hanya diketahui oleh diri Anda. Dengan demikian Anda akan mudah untuk mengingat password tersebut. Akan sangat konyol rasanya bila Anda membuat password yang sulit ditebak oleh orang lain tetapi malah Anda sendiri tidak bisa mengingatnya. Jangan sepelekan tips ini karena kejadian ini seringkali ditemui di hampir sebagian besar instansi di mana terdapat user yang lupa password yang digunakannya. Panduan ini juga dapat membantu Anda dalam mengingat sejumlah password dari beberapa account yang Anda miliki.
2.Pilihlah password dengan jumlah karakter yang cukup panjang. Makin banyak jumlah karakter yang Anda gunakan dalam password Anda, makin tinggi tingkat kekuatan dari password yang Anda miliki. Beberapa profesional di bidang IT Security menyarankan untuk memilih password dengan jumlah karakter minimal 8 karakter.
3.Pilihlah password yang mengandung perpaduan antara huruf besar, huruf kecil, angka, dan karakter spesial seperti tanda baca. Semisal Anda memilih frase “cintasejati” sebagai password. Di sini sebenarnya Anda bisa meningkatkan kekuatan dari password Anda dengan melakukan perubahan kecil sehingga menjadi “c1Nt4$3Jat1”.

Hal-hal yang Harus Dihindari dalam Memilih Password
Selain point-pint yang sudah dipaparkan di atas, ada juga beberapa hal yang harus Anda hindari dalam memilih password guna meningkatkan kekuatan dari password Anda.
1.Hal penting pertama yang harus Anda ingat adalah jangan pernah menggunakan blank password atau password kosong. Ini memang terdengar konyol tetapi kejadian ini pun seringkali ditemui di mana seorang user merasa malas untuk menghafal password dan akhirnya dia memutuskan untuk menggunakan password kosong untuk account yang dimilikinya.
2.Jangan pernah menggunakan password yang mengandung karakter yang sifatnya perulangan ataupun berurutan, misalnya “12345”, “defgh”, “ddddd” ataupun yang memiliki posisi berurutan pada papan keyboard seperti “asdfg”.
3.Jangan pernah menggunakan data pribadi yang sifatnya diketahui oleh umum seperti tanggal lahir, alamat rumah, nama istri, dan data-data sejenis lainnya.

Kebiasaan yang Perlu Diperhatikan dalam Menjaga Kekuatan Password
Ada beberapa kebiasaan yang sebaiknya mulai dibudayakan berkaitan dengan penggunaan password guna tetap menjaga kekuatan dari password itu sendiri.
1.Jangan pernah mensharekan password yang Anda miliki kepada siapapun. Perpaduan antara username dan password merupakan identitas Anda di dalam suatu sistem. Apabila Anda mensharekan ini ke orang lain maka orang tersebut dapat memasuki sistem dengan menggunakan indentitas Anda. Artinya sistem akan mengidentifikasi orang tersebut sebagai diri Anda dan apa pun aktifitas yang dilakukan oleh orang tersebut akan dicatat sebagai aktifitas yang Anda lakukan. Bisa dibayangkan bila ternyata orang tersebut melakukan aktifitas yang sifatnya melanggar hukum, maka yang tercatat oleh sistem sebagai pelaku dari aktifitas tersebut tidak lain dan tidak bukan adalah diri Anda sendiri.
2.Jangan pernah menuliskan password yang Anda miliki pada selembar kertas ataupun pada suatu file tertentu yang dapat diakses dengan mudah oleh orang lain. Kejadian ini juga banyak ditemui di beberapa perkantoran di mana seseorang karena merasa takut melupakan passwordnya maka dia menuliskan passwod tersebut pada sebuah kertas kecil dan menempatkannya di bawah keyboard bahkan ada juga yang menempelkannya pada layar monitor mereka.
3.Gantilah password Anda secara periodik. Beberapa profesional di bidang IT Security menyarankan untuk melakukan penggantian password setiap tiga minggu sekali dan password baru yang dipilih tidak boleh sama dengan lima password yang sebelumnya pernah digunakan. Misalkan sebelumnya Anda pernah menggunakan password “B3b3kG0r3ng” dan , “B3b3kP4ngg4ng”, maka password Anda tidak dianjurkan untuk kembali menggunakan “B3b3kG0r3ng” sebagai password berikutnya. Anda baru boleh menggunakan password tersebut setelah melewati siklus penggantian password yang keenam.

Kesimpulan
Kalau dilihat dan dicermati sebenanrnya penggunaan password yang aman dan kuat sebenarnya cukup mudah untuk diterapkan, hanya saja beberapa orang mungkin belum terbiasa dengan ini. Jadi marilah mulai membiasakan diri dan membudayakan penggunaan password yang baik guna meningkatkan aspek keamanan dari sistem yang Anda gunakan :)

0 comments: