Requirement List dalam Network Design - CCDA Study Guide

|

Sambil mempelajari materi CCDA Study Guide ada baiknya juga aku sembari menuliskan point-point penting yang sempat aku rangkum :)

Menurut referensi CCDA, ada tiga point utama dalam membuat desain jaringan di suatu perusahaan:
1. Bussiness Requirement
2. Technical Requirement
3. Bussiness and Political Constraints

Berikut ini aku coba tuliskan rincian dari masing-masing requirement

1. Bussiness Requirement
Seorang network designer harus menyadari sepenuhnya bahwa tujuan utama dari suatu network design project adalah untuk meningkatkan kinerja perusahaan dalam menjalankan proses bisnisnya. Maka ketika dilakukan proses perancangan desain tentunya harus menjawab kebutuhan di mana desain yang dibuat harus dapat mendukung proses bisnis dari persahaan tersebut.
Dalam point ini seorang network designer harus dapat menceritakan dan merumuskan seberapa besar jaringan yang diimplementasikan pada perusahaan dapat mempengaruhi proses bisnis dari perusahaan tersebut. Di sini seorang network designer juga harus mendata dan memprediksikan aplikasi apa saja yang berjalan di atas jaringan tersebut serta menyususn mekanisme audit dari impementasi jaringan ada.
Di ini seorang network designer juga harus bernar-benar memperhitungkan tingkat skalabilitas dari jaringan yang akan dirancang sehingga dapat menjawab kebutuhan pengembangan di masa yang akan datang.


2. Technical Requirement
Ada empat are yang tercover dalam technical reuirement, yaitu: Performance, Application, Network Management, dan Security

a. Performance
Performance di sini berbicara tentang latency dan response time dari jaringan yang ada serta pengaruhnya terhadap kinerja dari suatu perusahaan.


----Bersambung------

0 comments: